Total Tayangan Halaman

Senin, 20 April 2015

MAU DAPET BEASISWA? JAWAB 5 INI DULU.


PERHATIAN: Maap kalo saya disini saya rada keras, soalnya untuk kuliah diluar apalagi sambil dapet beasiswa, itu dikhususkan cuma buat orang2 yang berkemauan baja. Yang lembek, atau yang sekedar "pengen" gara2 liat foto temen2nya asik jalan2 di Eropa, harap jangan baca ini.


Saya udah bantu banyak temen2 atau yang nanya ke saya gimana proses saya dapet beasiswa. Kalian tau berapa yang akhirnya sukses? Ga sampe 5%. Gimana 95% yang laen? Mereka nyerah di tengah jalan dengan beribu alasan. Mutusin ngejar beasiswa itu keputusan besar, karena bakal banyak pengorbanan yang harus kalian tanggung. So sebelum kalian mutusin, saya kasih guideline ini. Jawab 5 hal ini ke diri sendiri, tulis jawaban kalian, trus tempel di tembok. Tiap kali kalian ngerasa males, baca ulang lagi apa yang kalian tulis.

1. KENAPA MAU KULIAH KELUAR?
Apa pengen jalan2? Gaya2an? Buat karir? Nyoba pengalaman baru? Semua hal ditentukan oleh niat, dan niat masing2 orang bisa beda-beda. Kalo niat udah kuat, motivasi dateng dengan sendirinya. Saya rekomendasiin baca 2 buku: pertama tentu Laskar Pelangi (karena niat saya kuliah di Sorbonne muncul gara2 baca buku ini) sama Negeri 5 Menara. Pegang sungguh2 quote yang paling berkesan dari buku it. MAN JADDA WA JADDA. SIAPA YANG BERSUNGGUH2, DIA YANG AKAN BERHASIL. Niatkan sebagai ibadah juga, jadi sekalian dapet pahala. Nah apa niat kalian? Percaya deh, kalo dari awal niatnya ga bener, ga akan berhasil. Tulis setidaknya TIGA niat kalian sekarang.

2. KALO SAYA KULIAH DILUAR, APA YANG SAYA KORBANIN?
Kalo di ekonomi ini namanya opportunity cost. Kesempatan yang hilang karena kita ambil keputusan lain. Kalo saya kuliah diluar, artinya saya ga bisa kerja, pengalaman kerja saya lebih sedikit dibanding temen laen, dsb. Ini harus dipikir bahkan sampe hal terkecil. Sanggup ga tinggalin orang tua saya? Pacar gimana? Mau ga dia nunggu 2 tahun? Semua harus dipikir bener2. Makanya kalian juga harus banyak konsultasi ke orang2 terdekat juga. Soalnya tanpa support mereka, ga mungkin kalian bisa sukses. Catet apa aja yang harus kalian korbanin. Terus bandingin dengan niat kalian. Sepadan ga kira2 pengorbanan ini dengan apa yang kalian impikan?

3. SANGGUP GA BERKORBAN BANYAK?
Begitu saya bilang harus les Prancis minimal 6 bulan tiap hari kalo mau kuliah di Prancis, 95% langsung nyerah dengan berbagai alasan. Ga ada waktulah, mahal, ga ada tempat les dikotanya, dll. Let me tell you a story, kisah nyata temen baik saya. Kita les bareng selama 6 bulan di CCF Salemba.
Temen saya ini ninggalin istrinya yang lagi hamil di Lampung demi les di Jakarta. Soalnya menurut perhitungan dia, kalo dia ga ngambil les sekarang, dia harus nunggu tahun depan. Dan dia ga mau nunggu selama itu. Dia ngekos di kamar petakan selama 6 bulan. Makannya indomie terus sampe kadang minjem uang ke saya buat sekedar beli makanan. Dia ga pernah absen les sekalipun, juga ga pernah ngeluh. Abis les dia selalu mangkal berjam jam di warnet cari informasi. Harus bikin surat make bahasa Prancis? Dia bikin dulu draftnya trus minta guru les buat revisi. Dia sadar lemah listening, so dia pantengin dengerin siaran berita berbahasa Prancis di tempat les. Salut banget saya sama dia. Apa hasilnya? Dia dapet full beasiswa 2 tahun di Prancis. Kita yang dulu biasanya makan mie ayam di Salemba sekarang ngopi persis di depan Eiffel.
Dan kalian berani2nya ngeluh bilang ini itu susah padahal belum nyoba? Make alesan ini itu? Juga saya heran, kok ada ya orang yang nanya, "kak, saya lagi S1 pengen kuliah keluar. Ada beasiswa apa?" Ga bilang semester berapa, kuliah jurusan apa, mau kemana. Ini tanda2 orang ga mau susah. Pengalaman jadi admin, 100% pertanyaan gini ga akan ada yang bales. And trust me, saya udah sering banget liat tipe orang gini, and kalian bisa tebak hasilnya. Kalo nanya, please Google sendiri dulu. Jangan tanya yang terlalu general.
Udah siap belum berkorban banyak? SIAP ATAU NGGAK?

4. UDAH PUNYA BELUM PLAN A SAMPE Z?
Andai ga keterima beasiswa, trus mau ngapain? Andai keterima di kampus tapi beasiswanya ga dapet, terus gimana? Semua kemungkinan harus dipikir matang2. Inget kata Aa Gym, "Gagal merencanakan, merencakan gagal". Fail to plan, plan to fail".
Jangan selalu mikir pake logika. Kalo kalian bilang, "tapi kak, yang diterima cuma 1 dari 1000 orang. Kecil banget kemungkinannya cuma 0,1%." Kalo kalian ngomong gitu, dijamin ga akan tembus. Si satu orang yang dapet itu bisa jadi usahanya, pengorbanannya lebih besar dibanding 999 lain digabung. Beasiswa saya sendiri, cuma ada 5 orang Indonesia yang keterima dari 400 di seluruh dunia. 400 itu hasil saringan dari 1500 yang lolos seleksi awal dari entah berapa puluh ribu yang daftar. Berani bersaing? Kalo nggak, stop baca ini. Don't waste your time.

5. UDAH TAU BELUM KELEBIHAN DAN KELEMAHAN KALIAN?
"Tapi bahasa inggris saya jelek kak, apalagi harus belajar bahasa Jerman atau Prancis". Kalo udah tau jelek, apa actionnya biar jadi bisa? Diem aja gitu nunggu wangsit biar tiba2 jadi casciscus ngomong? Nggak kan? Harus ada usahanya dong.
"Tapi les mahal kak". Buat bisa bahasa ga perlu les kok. Kecuali bahasa yang bener2 baru kaya saya misalnya les Prancis. Ini kan Inggris udah pernah belajar dari SD. Mulai dong baca koran bahasa inggris, kalo ga ngerti artinya apa, cari di kamus. Temen yang saya cerita diatas, sering translate koran. Ada kata yang dia ga ngerti, dia cari di kamus. Kalo saya belajarnya, saya nonton film atau film series tapi make subtitle bahasa Prancis. Kalo film kan bahasa sehari-hari, jadi berguna banget. Plus itu fun, ga ngebosenin. Saya nonton ulang 10 seasons Friends make subtitle Prancis.
Mulai sekarang, biasain denger berita bahasa inggris, ga ngerti gapapa, yang penting kebiasa dulu. Cara latihannya, jangan liat tv, dengerin aja beritanya, cerna kiar2 ini berita tentang apa. Kalo udah yakin, baru liat TV, sama ga. Soalnya kata guru les, cara paling gampang orang fasih satu bahasa kalo dia ngerti dengerin berita. Skrg lebih enak ada Google translate. Atau Install aplikasi belajar bahasa (favorit saya duolingo). Jangan cari2 alasan mulu, ok? Tapi alamak, ini Facebooknya aja masih make bahasa Indonesia. Trus kalo nonton film, nyari yang ada text Indonesia. Kapan mau majunya?
Jawab dulu 5 pertanyaan saya diatas. Kalo kalian masih aja nyari2 alasan, mending ga usah. Serius, buang2 waktu, tenaga, sama uang aja. Ini beasiswa bro, kita digaji buat belajar (plus jalan2 hehe). Kalo kerja, udah jelas kita ngasih sesuatu. Tapi beasiswa kan nggak.
Kalian tau total nilai beasiswa yang saya dapet? SETENGAH MILIAR. Andai kalian ketemu orang asing di jalan trus dia bilang bakal ngasih 500 juta biar kalian bisa belajar sambil jalan2 keliling Eropa, kalian mau nggak? Orang gila aja yang nolak. Kalian bersedia ga ngelakuin apa aja syarat2 yang dia kasih? Kalo kalian ga mau, yaudah gpp. Masih ada jutaan orang laen yang bersedia. Dia ga rugi sama sekali kok. Kalo kalian ngerasa kesentil baca ini, good. Saya juga dulu harus disentil terus.
Saya suka banget quote ini:
God give you pencil, but He holds the eraser.
Andaikan ga kesampean, mungkin Tuhan punya rencana laen, dan setidaknya kalian uda berusaha. Tapi kalo kesampean, beuuuuh nikmat banget.



May the odds be ever in your favor tongue emoticon
Good luck guys.


Sumber : https://www.facebook.com/anggadp2007?fref=nf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar