Total Tayangan Halaman

Jumat, 24 April 2015

Sharing Di Group Jenesys

Pada tahu kan Jenesys itu apa? Dan saya yg baca tulisan ini pasti pengen banget lolos ikut jenesys ke Jepang kan? Saya doakan yang baca informasi ini berhasil ke Jepang ya..:)
Saya bukan alumni Jenesys. Saya hanya baru sekali mendftr jenesys dan belim berhasil. Sama halnya dengan kamu yg ingin ke sana, saya berusaha menggali informasi lbh mendalam tentang jenesys. Sebab saat dulu saya mengajukan sama sekali tidak paham. Informasinya pun saya dapatkan dari teman yang dia pun terbatas mengetahui jenesys.
Sekarang saya telah tergabung dalam grup what's up yang dibentuk oleh kakak-kakak alumni Jenesys yang baik hati. Di grup ini saya mendapatkan informasi berharga tentang jenesys. Dan saya ingin temen-temen yang lain juga mendapatkan informasi ini. Ya setidaknya jika memang akhirnya gagal karena saya tidak memiliki kemampuan dan keahlian untuk lolos jenesys saya dapat membantu orang lain yyang lebih pintar,berpotensi dan berkemampuan tinggi untuk mengikuti program jenesys.
Berikutinformasi yang saya dapatkan :
Bagaimana kabar teman2 hari ini?
Semoga sehat dan bersemangat menjalankan aktivitas hari ini
Yang baru join, apakah sudah mengenal apa itu Jenesys? Hehe
Mungkin yg baru ada di gambaran teman2 Jenesys ini program exchange study, atau program pertukaran pelajar untuk belajar di jepang sana selama waktu yg ditentukan. Tapi itu kurang tepat, hehehe
~what is Jenesys?~
Jenesys merupakan singkatan dari Japan-East Asia Networks of Exchange for Students and Youths, yang pelaksanaannya para siswa yang terpilih menjadi peserta Jenesys akan berkesempatan mengunjungi negara matahari terbit, Jepang selama kurun waktu seminggu lebih.  Jenesys ini diumumkan oleh Shinzo Abe pada tahun 2007 , dan masih berlanjut hingga sekarang.
~apa saja tema acaranya?~
Program jenesys tiap batch kadang berbeda-beda. Ada pembahasan culture, history, sport, art, science &tecnology, bahkan economic. Salah satu contoh Program Jenesys 2.0 Batch 2 Project for ASEAN Economic Community (AEC).
~Pesertanya ngapain dong?~
Tergantung dari temanya, program ini menyesuaikan terhadap tema yang diambil dari setiap batch yang berbeda beda. Namun, pada pelaksanaannya, point pembelajarannya bisa general, sehingga tidak selalu terpaku dalan satu tema. Maka, untuk beberapa batch di Jenesys ada yang pesertanya "campursari" ilmu jurusannya, hehehe
untuk contoh, dalam batch 2 tahun kmarin, tujuan programnya adalah meningkat pemahaman dan awareness para pemuda ASEAN dengan yang namanya AEC.
Di sana kami diberitahu lebih jelas apa sih AEC itu dan apa hubungannya sama negara Jepang. Contohnya saja, kami di bawa ke Port of Nagoya untuk melihat aktivitas ekspor-impor Jepang yang berhubungan dengan negara-negara ASEAN.
~Lalu berapa jumlah pesertanya?~ Tiap negara beda-beda. Ada yang lebih banyak, ada yang lebih sedikit.
Namun, pengalaman dari kami yg batch 18, notabene membahas culture, art and technology, ada 50 peseta dari indonesia. Sementara singapura? Tidak lebih dari setengahnya. Kenapa demikian?
Admin berasumsi bahwasanya Indonesia lebih memiliki banyak culture, meskipun secara teknologi cukup bersaing dengan singapura. Tapi secara jumlah penduduk, indonesia terbilang sebagai salah satu partisipan dengan peserta yg cukup banyak
~waktu itu, bagaimana sih bisa dapet program ini?~
Karena program ini selalu memiliki tema yang berbeda2, untuk tahun kemarin dalam pembagian informasinya melalui pihak Dikti, dan sesi penyeleksian pesertanya dilakukan oleh beberapa instansi. Untuk yang bidangnya Sains & Technology, dipercayakan kepada Ristek Indonesia sebagai pihak penyeleksian pesertanya, kemudian untuk bidang Social di bulan februari, dipercayakan kepada UIN jakarta untuk penyeleksian pesertanya. Tapi utk tahun ini belum ada lagi informasi lebih lanjut tentang Jenesys 2015,. So, stay tune yah semuanya...
~apa manfaat dan harapan adanya program ini?~
Manfaat bisa ikut Jenesys, baaaanyaaak banget, hehe...
Selain bisa jalan jalan ke negara orang dan didanai, bisa juga sebagai sarana pembelajaran kita tentang dunia internasional, cultural dan manner mereka, dan juga bisa menambah relasi pertemanan dengan orang di luar indonesia. Asyik kan?
Setelah manfaat, adapun harapan yg harus kita renungkan dan rencanakan kemudian laksanakan dari pihak pemerintah jepang terhadap para partisipan Jenesys ini. Setelah melakukan kegiatan Jenesys di jepang, yaitu berkunjung ke berbagai tempat yg telah dipersiapkan oleh pihak jepang, kita diharuskan untuk menyusun hasil kunjungan serta action plan yang akan dilakukan sepulang dari jepang, dan kemudian mempresentasikan kepada panitia penyelenggara program Jenesys ini.
Naah mungkin singkatnya Jenesys ini adalah program yang memberikan kesempatan kepada para peserta terpilih utk berkunjung ke jepang, untuk mempelajari dan kemudian menerapkan manfaat yang didapat saat kembali ke negara masing2 untuk biaa memajukan daerah para peserta masing2


Semoga bisa bersemangat yaa untuk menjadi duta dari indonesia, teman teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar